Beranda Artikel Bimbingan Teknis Peningkatan Kompetensi Tatakelola LPSE dan Aplikasi SPSE Versi 4.3


Bimbingan Teknis Peningkatan Kompetensi Tatakelola LPSE dan Aplikasi SPSE Versi 4.3

Posted at, 19 Februari 2019 - 09:51:30 WIB

Sehubungan dengan telah diundangkannya Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2018, tentang Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah beserta aturan turunannya dan telah diperbaruinya Aplikasi SPSE Verisi 4.3, UKPBJ Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyelenggarakan kegiatan Bimbingan Teknis Peningkatan Kompetensi Tatakelola LPSE dan Aplikasi SPSE Versi 4.3 pada tanggal 18 s.d. 20 Februari 2019 yang berlokasi di daerah kota Tangerang Selatan.

Aplikasi Sistem Pengadaan Secara Elektronik (SPSE) versi 4.3 yang dikembangkan oleh Direktorat Pengembangan SPSE, Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) telah resmi diluncurkan pada 4 September 2018. Perilisan aplikasi SPSE Versi 4.3 ini ditandai dengan diterbitkannya Surat Keputusan Deputi Nomor 29 Tahun 2018 tentang Panduan Penggunaan Aplikasi Sistem Pengadaan Secara Elektronik Versi 4.3 dan juga mengakomodir Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2018 serta peraturan turunannya.

Dengan demikian, aplikasi SPSE akan dilakukan instalasi secara bertahap di seluruh LPSE  se – Indonesia, sehingga dapat segera digunakan untuk pengadaan tahun anggaran 2019. Secara perdana Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah menjadi yang pertama dalam proses install SPSE versi 4.3. Terhitung mulai dari Rabu, 5 September 2018, LPSE LKPP sudah menggunakan aplikasi SPSE Versi 4.3." ( Sumber : eproc.lkpp.go.id )
 

Kegiatan ini dibuka secara langsung oleh Kepala Biro Umum Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. dan Kepala Biro Umum mengarahkan dengan adanya versi terbaru dari Aplikasi SPSE Versi 4.3 bisa memberikan sebuah inovatif dalam proses Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah khususnya di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 

Bimbingan Teknis Peningkatan Kompetensi Tatakelola LPSE dan Aplikasi SPSE Versi 4.3 ini dihadiri oleh kurang lebih 80 orang peserta yang bersumber dari berbagai Satuan Kerja di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. dan Narasumber pada kegiatan ini berasal dari Lembaga Kebijakan Pengadaan Pemerintah (LKPP).

"Aplikasi Sistem Pengadaan Secara Elektronik (SPSE) saat ini sudah menggunakan versi terbaru, yaitu SPSE Versi 4.3. Terdapat beberapa perubahan yang terjadi dalam aplikasi SPSE Versi 4.3, salah satunya dalam proses pembuatan paket tender. Dengan demikian Direktorat Pengembangan Sistem Pengadaan Secara Elektronik, Lembaga Kebijakan Pengdaan Barang/Jasa Pemerintah, merilis petunjuk penggunaan aplikasi SPSE Versi 4.3 Terbaru agar dapat digunakan oleh Pelaku Usaha, Pokja Pemilihan, Pejabat Pembuat Komitmen, Pejabat Pengadaan, Admin PPE, Admin Agency, dan Kepala Unit Pengelola Pengadaan Barang Jasa." ( Sumber : eproc.lkpp.go.id )

Ada pun Petunjuk Pengunaan Aplikasi SPSE Terbaru tersebut dapat di unduh pada tautan http://inaproc.id/unduh dengan kategori “Petunjuk Pengunaan”