Beranda Artikel Sosialisai dan Bimtek (REGIONAL II) Sistem Informasi Manajemen Pengadaan Langsung untuk Satker PTN Kemendikbud


Sosialisai dan Bimtek (REGIONAL II) Sistem Informasi Manajemen Pengadaan Langsung untuk Satker PTN Kemendikbud

Posted at, 21 Februari 2020 - 10:47:24 WIB

Biro Umum dan Pengadaan Barang dab Jasa, Sekretariat Jenderal – Kemendikbud kembali mengadakan Sosialisasi dan Bimbingan Teknis (SIMPeL) Sistem Informasi Manajemen Pengadaan Langsung untuk Satuan kerja Perguruan Tinggi Negeri Kemendikbud Regional II yang berlangsung di Yogyakarta mulai dari 20 s.d. 22 Februari 2020. Peserta yang hadir pada kegiatan ini kurang lebih sekitar 180 orang peserta dari setiap perwakilan satuan kerja yang diundang dalam hal ini adalah satker PTN Kemendikbud.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Kepala Biro Umum dan Pengadaan Barang/Jasa pada tanggal 20 Februari 2020. Narasumber pada kegiatan ini bukan hanya dari Tim Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melaikan  juga bersinergi dengan Tim Kementerian Keuangan RI yang pada kegiatan ini langsung oleh Kepala pengembang aplikasi Sistem Informasi Manajemen Pengadaan Langsung (SIMPeL) yang ikut menyampaikan Materi Sosialisi terkait Sistem Informasi Manajemen Pengadaan Langsung

Kepala Biro Umum dan PBJ juga meberikan arahan kepada para Satuan Kerja PTN khususnya Regional II bahwa Kemendikbud dalam hal ini melalui Biro Umum dan Pengadaan Barang dan Jasa – Sekretariat Jenderal, berdasarkan Permendikbud No. 45 tahun 2019 tentang Organisasi & Tata Kerja Kemendikbud, menjadi UKPBJ nya Kemendikbud sebagai Center of Excellent/ Pusat Keunggulan Pengadaan barang Jasa di Kemendikbud bekerjasama dengan Kementerian Keuangan telah menerapkan Sistem Pengadaan secara elektronik yang wajib digunakan oleh seluruh Satker Kemendikbud Sistem tersebut dikenal dengan nama, SIMPeL (Sistem Informasi Pengadaan Secara Elektronik) yang dikukuhkan penerapannya melalui Permendikbud No. 7 Tahun 2018 tentang Sistem Pengadaan Langsung Secara Elektronik.

Seperti yang disampaikan juga pada kegiatan sebelumnya yaitu Sosialisasi dan Bimtek SIMPeL untuk satuan kerja PTN Regional I yang berlangsung di Jakarta bahwa SIMPeL telah digunakan oleh Kemendikbud sejak Maret 2018. Semenjak menggunakan pertama kali, telah banyak perkembangan yang terjadi pada aplikasi tersebut dan telah banyak pula perubahan kebiasaan dalam melakukan pengadaan langsung. 

Perkembangan berikutnya yang akan dilakukan oleh Kemendikbud dalam aplikasi SIMPeL adalah mengintegrasikannya dengan Sistem Pengadaan Secara Elektronik dan Aplikasi Monitoring dan Evaluasi yang sedang dibangun oleh Biro Umum dan Pengadaan Barang dan Jasa. Proses integrasi ini bertujuan untuk mendapatkan informasi lengkap terkait pengadaan langsung yang dimulai dari perencanaan hingga pelaporannya. 

Untuk selanjutnya juga akan segera diselenggarakan kembali Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Sistem Informasi Manajemen Pengadaan Langsung (SIMPeL) untuk satuan kerja PTN Kemendikbud khusus Regional III demi memperluas  informasi terkait Sistem Informasi Manajemen Pengadaan Langsung untuk sattuan kerja Perguruan Tinggi Negeri yang pada a hal ini baru seja kembali bergabung menjadi satuan kerja di Kementerian Pendidikan dan Kebudaayan.

 

FOTO BERSAMA - SOSIALISI DAN BIMTEK SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PENGADAAN LANGSUNG
SATKER PTN REGIONAL II - KEMENDIKBUD